Motherboard

Motherboard ini adalah lembaran plastik yang memegang semua sirkuit untuk menghubungkan berbagai komponen dari sistem komputer. Pelajari bagaimana fungsi motherboard untuk membuat semua komponen lain bekerja sama.


 



Pengertian


Suatu Motherboard adalah salah satu bagian yang paling penting dari sebuah sistem komputer. Ini memegang bersama-sama banyak komponen penting dari sebuah komputer, termasuk central processing unit (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Dasar motherboard terdiri dari lembaran yang sangat kuat dari bahan non-konduktif, biasanya semacam plastik yang kaku. Lapisan tipis tembaga atau aluminium foil, disebut sebagai jejak, yang tercetak di atas lembar ini. Jejak ini sangat sempit dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen. Selain sirkuit, motherboard berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen lainnya.

Bagian dari sebuah Motherboard


Jika anda ingin membuka komputer Anda dan mengambil motherboard, Anda mungkin akan mendapatkan cukup bingung tentang semua bagian yang berbeda. Tergantung pada membuat dan model komputer Anda, mungkin terlihat seperti gambar di bawah ini.


Foto motherboard khas dengan bagian yang paling penting diberi label


Untuk memahami bagaimana komputer bekerja, Anda tidak perlu tahu setiap bagian dari motherboard. Namun, itu baik untuk mengetahui beberapa bagian yang paling penting dan bagaimana motherboard menghubungkan berbagai bagian dari sistem komputer bersama-sama. Beberapa bagian khas dijelaskan di bawah ini – mereka juga diberi label dalam foto berikutnya :
  • Sebuah soket CPU – CPU sebenarnya langsung disolder ke soket ini. Karena CPU berkecepatan tinggi menghasilkan banyak panas, ada heat sink dan titik pemasangan untuk para penggemar tepat di sebelah soket CPU.
  • Sebuah konektor power untuk mendistribusikan daya ke CPU dan komponen lainnya.
  • Slot untuk memori utama sistem, biasanya dalam bentuk chip DRAM.
  • Sebuah chip membentuk sebuah antarmuka antara CPU, memori utama dan komponen lainnya. Pada banyak jenis motherboard ini disebut sebagai Northbridge. Chip ini juga berisi heat sink yang besar.
  • Sebuah chip kedua mengontrol fungsi input dan output (I / O). Hal ini tidak terhubung langsung ke CPU tetapi ke Northbridge. Ini I / O controller disebut sebagai Southbridge. Ini Northbridge dan Southbridge gabungan disebut sebagai chipset.
  • Beberapa konektor, yang menyediakan antarmuka fisik antara input dan output perangkat dan motherboard. Ini Southbridge menangani koneksi tersebut.
  • Slot untuk satu atau lebih hard drive untuk menyimpan file. Jenis yang paling umum dari koneksi Integrated Drive Electronics (IDE) dan Serial Advanced Technology Attachment (SATA).
  • A Read-only memory (ROM) chip, yang berisi firmware, atau instruksi startup untuk sistem komputer. Ini juga disebut BIOS.
  • Sebuah slot untuk video atau kartu grafis. Ada beberapa jenis slot, termasuk Accelerated Graphics Port (AGP) dan Peripheral Component Interconnect Express (PCIe).
    Slot tambahan untuk menghubungkan perangkat keras dalam bentuk Peripheral Component Interconnect (PCI) slot.
Tentu saja ada banyak akronim untuk membiasakan diri! Jangan khawatir terlalu banyak tentang mencoba mengingat semua bagian dan akronim mereka. Kuncinya adalah untuk mengingat bahwa motherboard berisi central processing unit, memori, dan semua konektor ke seluruh hardware dari sistem komputer.


Diagram skematik


Cara lain yang berguna untuk melihat motherboard adalah sebagai diagram skematik. Ini adalah lebih dari sebuah organisasi logis dari bagaimana berbagai bagian yang terhubung daripada di mana mereka berada secara fisik pada lembaran plastik. Hubungan antara komponen ini disebut sebagai bus. Jadi ada bus CPU, bus memori, dll.


Skema diagram dari sebuah motherboard yang khas


Diagram skematik mencerminkan bagaimana insinyur komputer berpikir tentang motherboard. Begitu mereka telah menentukan desain terbaik, maka mereka harus mencari tahu cara terbaik untuk mendapatkan semua bagian dan hubungan mereka ke sebuah papan kecil. Mereka harus mempertimbangkan ukuran, panas, jarak, sirkuit, kabel, dll Itu sebabnya akan sulit untuk melihat bagaimana diagram dan foto motherboard berhubungan untuk mencapai lainnya.

Satu hal yang perlu diingat tentang motherboard adalah bahwa mereka terus berubah sangat cepat. Jika Anda memiliki komputer di awal 2000-an, Anda mungkin ingat bahwa colokan untuk mouse dan keyboard tampak sangat berbeda daripada yang mereka lakukan hari ini. Semua komponen motherboard telah melihat perubahan yang signifikan selama bertahun-tahun sebagai teknologi terus berkembang. namun, Fungsi dasar dari motherboard, tetap sama.

Komentar

Postingan Populer