Sudut Rotasi dan Kecepatan Sudut Rotasi

Sudut rotasi adalah ukuran seberapa jauh suatu objek berputar, dan langkah-langkah kecepatan sudut seberapa cepat berputar. Ketika sebuah benda berputar pada sumbunya, seperti ban pada mobil atau catatan di atas meja putar, gerak dapat dijelaskan dalam dua cara. Sebuah titik pada tepi objek yang berputar akan memiliki beberapa kecepatan dan akan dilakukan melalui busur dengan mengendarai objek berputar. Intinya akan melakukan perjalanan melalui jarak ΔS, tetapi sering yang lebih mudah untuk berbicara tentang sejauh mana objek telah diputar. Jumlah objek berputar disebut sudut rotasi dan dapat diukur dalam derajat atau radian baik. Karena sudut rotasi berkaitan dengan ΔS jarak dan jari-jari r dengan persamaan Δθ = (ΔS) / R, biasanya lebih mudah untuk menggunakan radian.

Sudut θ dan busur Panjang s. Jari-jari lingkaran diputar melalui Δ sudut. Panjang busur Δs dijelaskan pada keliling.
Sudut θ dan busur Panjang s. Jari-jari lingkaran diputar melalui Δ sudut. Panjang busur Δs dijelaskan pada keliling.

Kecepatan sudut


Kecepatan sudut menggambarkan kecepatan rotasi dan orientasi sumbu sesaat tentang  terjadinya rotasi. Arah kecepatan sudut akan sepanjang sumbu rotasi. Dalam hal ini rotasi berlawanan arah jarum jam.
Kecepatan di mana objek berputar diberikan oleh kecepatan sudut, yang merupakan laju perubahan sudut rotasi terhadap waktu. Meskipun sudut itu sendiri bukanlah kuantitas vektor, kecepatan sudut adalah vektor. Arah vektor kecepatan sudut tegak lurus terhadap bidang rotasi, dalam arah yang biasanya ditentukan oleh aturan tangan kanan. Percepatan sudut memberikan laju perubahan kecepatan sudut. Sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut yang sangat berguna dalam menggambarkan gerak rotasi suatu benda.


Ketika sumbu rotasi tegak lurus terhadap vektor posisi, kecepatan sudut dapat dihitung dengan mengambil kecepatan v linear titik di tepi objek berputar dan membaginya dengan jari-jari. Ini akan memberikan kecepatan sudut, biasanya dilambangkan dengan ω, dalam hal radian per detik. Terbang atau berputar di tepi benda berputar mencatat kecepatan v konstan. Tujuannya adalah berputar dengan kecepatan sudut yang sama dengan v / r.


Pada artikel di atas kata kuncinya adalah :


Ketika sebuah benda berputar pada sumbunya, titik-titik di tepi perjalanan obyek dalam busur.
Sudut busur ini menyapu disebut sudut rotasi, dan biasanya diwakili oleh simbol teta.
Sebuah ukuran seberapa cepat benda berputar, terhadap waktu, disebut kecepatan sudut. Hal ini biasanya diwakili oleh simbol omega Yunani. Seperti kecepatan rekan linier, adalah vektor.

Komentar

Postingan Populer